Home > Borneo > Pesawat Lion Air Tergelincir Airport Balikpapan

Pesawat Lion Air Tergelincir Airport Balikpapan

Pesawat nahas itu memiliki rute Tarakan-Balikpapan.

Maskapai Penerbangan Lion Air tergelincir di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.
“Ada pesawat Lion Air yang saat mendarat melebihi landasan. Sekitar jam 7.25 WITA,” kata Airport Duty Manager Sepinggan, Indrata, saat dihubungi VIVAnews.com, Minggu 23 Oktober 2011.Indrata menjelaskan, pesawat nahas itu memiliki rute Tarakan-Balikpapan. “Saat ini, bandara terpaksa ditutup sampai berhasil menarik kembali pesawat Lion yang keluar landasan,” ujarnya.

Kemungkinan bandara ditutup hingga pukul 13.00 WITA. “Namun, belum diketahui apakah pada jam itu pesawat sudah berhasil ditarik atau tidak,” ujarnya.

Indrata menduga, pesawat tergelincir karena kondisi cuaca yang buruk dan landasan yang licin karena sebelumnya diguyur hujan. “Memang anginnya sangat kencang dan sempat turun hujan tadi,” ujarnya.

Di Jambi Lion Juga Gagal Mendarat

Pesawat Lion Air dari Jakarta tujuan Jambi gagal mendarat di Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin. Cuaca yang buruk menjadi penyebab kegagalan mendarat pesawat Lion Air tersebut.

“Tadi memang ada pesawat yang gagal mendarat karena cuaca buruk. Di bawah standar minimum pendaratan,” kata Direktur Operasional Lion Air, Ertata Lanang Galih saat berbincang dengan VIVAnews.com, Minggu 11 September 2011.

Menurut Galih, cuaca di Jambi memang sangat buruk. Kabut asap tebal menyelimuti langit Jambi dalam beberapa hari terakhir. Sehingga, pesawat dari Jakarta yang hendak mendarat itu gagal mendarat setelah dua kali usaha pendaratan. “Kemudian pilot memutuskan untuk mengalihkan pendaratan,” kata dia.

Pilot, kata Galih memutuskan untuk meninggalkan Jambi. Pesawat itu kemudian dibawa ke Palembang, Sumatera Selatan. “Kita daratkan sementara di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II,” kata dia.

Dia menambahkan, Lion Air segera menerbangkan pesawat itu ke Jambi jika cuaca sudah memungkinkan untuk pendaratan. “Kita sedang menunggu cuaca membaik. Setelah itu siap diterbangkan ke Jambi lagi,” kata dia.

Sumber :
Vivanews

Categories: Borneo
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: