Home > Borneo > PERSIBA Mengontrak Pemain Buat Kompetisi ISL

PERSIBA Mengontrak Pemain Buat Kompetisi ISL

Persiba Balikpapan mantap menetapkan pilihan untuk berlaga di Indonesia Super League (ISL). Faktanya, tim Beruang Madumenjadi klub Kaltim pertama yang mengikat kontrak dengan para pemain. Kontrak Aldo Barreto dkk diteken di Blue Sky Hotel, Rabu (19/10) malam. Ke-24 pemain hadir didampingi manajer Jamal Al Rasyid dan pelatih Haryadi. Manajemen Persiba dipimpin langsung Ketua Umum Syahril HM Taher, bersama Dirut PT Balikpapan Kick Off Poerba Widjaja, dan para pengurus lainnya.

“Ini bukan perjudian, karena Persiba telah memilih ISL sebagai kompetisinya. Kami membayar kontrak karena sudah ada kepastian. Tanggal 23 Oktober nanti akan ada rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Liga Indonesia. Dan, Persiba menjadi bagian dari Kelompok 14 (K-14) yang mendukung kompetisi tersebut,” tegas Syahril, yang digadang-gadang menjabat presiden direktur PT Liga yang baru.

“Persiba tak ingin menelantarkan nasib pemain. Malam ini (malam tadi, Red) sebagai bukti. Di Indonesia, selain Persiba, rasanya baru Sriwijaya FC Palembang dan Semen Padang yang resmi mengontrak pemain,” tambah dia.

Aldo dan Sultan Samma maju meneken kontrak mewakili rekan-rekannya. Legal Officer Persiba Dr M Muhdar SH MHum menjelaskan, para pemain langsung mendapat uang muka 20 persen sesuai nilai kontrak masing-masing yang dibayarkan paling lambat Kamis (20/10) ini. Sisanya akan dibayarkan sesuai durasi kompetisi di mana gaji pertama cair pada awal Desember. Itu merujuk pada kompetisi ISL yang direncanakan berputar pada tanggal 1 bulan itu.

Jadi, Persiba sudah bulat tak mengikuti kompetisi 24 klub ala PSSI yang disebut Indonesia Premier League (IPL). “Kompetisi (IPL) itu berpotensi merugikan klub, terutama keselamatan pemain. Durasinya bisa satu tahun lebih. ISL, yang maksimal diikuti 18 klub, hanya berjalan sekitar tujuh bulan,” jelas Muhdar.

Di depan pemain, Persiba kembali membeber alasan mengapa memilih bergabung ke K-14. Menurut Syahril, PSSI sekarang ini terlalu banyak melanggar statutanya sendiri. Terutama, produk Kongres di Bali, Januari lalu, yang mengamanatkan pengelolaan kompetisi di tangan PT Liga dan maksimal diikuti 18 klub.

“Persiba memiliki argumentasi hukum yang memadai di mana statuta harus menjadi rujukan berorganisasi,” timpal Muhdar lagi. “Ini sebagai pesan moral bagi siapapun dan lembaga manapun. Kalau sudah diatur, jangan diubah. Dan kalaupun diubah, ikutilah prosedur,” tandasnya.

Hari ini hingga 26 Oktober mendatang para pemain diliburkan. Namun pekan depan (27/10) Aldo cs diminta sudah kembali berlatih di Kota Minyak. “Ingat, tetap jaga kondisi dengan minimal berlatih satu jam sehari. Saya percaya kepada Anda semua sebagai pemain profesional,” pesan pelatih Haryadi.

Categories: Borneo
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: