Home > Nasional > PSSI Rentan Tabrak Aturan Status Pemain

PSSI Rentan Tabrak Aturan Status Pemain

Proses verifikasi pemain diatur pada PO PSSI No.3/2009.

PSSI telah menetapkan bahwa  kick off Liga Super 2011-2012 akan digelar 15 Oktober 2011. Namun hingga saat ini belum satupun pemain dari tim peserta dinyatakan lolos verifikasi sesuai dengan aturan yang berlaku di PSSI.

Hal ini diungkapkan oleh Anggota Exco PSSI, La Nyalla Mattalitti. Menurut pria yang juga ketua Komite Status dan Alih Status Pemain PSSI itu, situasi ini akan menciptakan iklim yang tidak sehat pada kompetisi nasional musim ini.

“Beberapa hari menjelang kick off Kompetisi PSSI 2011/2012, segudang persoalan masih melilit PSSI. Mulai dari soal badan hukum penyelenggara kompetisi hingga sejumlah tahapan penting dan vital yang tidak dilakukan,” kata La Nyalla lewat rilisnya ke sejumlah media, Kamis, 13 Oktober 2011.

“Tahapan penting dan vital yang tidak dilakukan PSSI menjelang Kompetisi 2011/2012 ini adalah Verifikasi dan Pengesahan Status dan Alih Status Pemain.”

Menurut La Nyalla, tahapan ini jelas diatur dalam Peraturan Organisasi Nomor 3 Tahun 2009, tentang Pemain: Status dan Alih Status Pemain. La Nyalla mengaku sampai sekarang Komite Eksekutif, melalui Komite Status dan Alih Status Pemain cq. Direktorat Status dan Alih Status Pemain, belum pernah menerima dan mengesahkan Manual Liga yang menjadi acuan verifikasi dan pengesahan status pemain, pelatih dan official yang akan mengikuti Kompetisi 2011/2012.

“Padahal disebutkan bahwa semua pemain yang turun dalam Kompetisi nanti harus verrified dan legal. Harus telah diverifikasi dan telah disahkan. Tetapi apa yang terjadi? Tahapan ini sama sekali tidak dilakukan! Buktinya, Komite Status dan Alih Status Pemain cq. Direktorat Status dan Alih Status Pemain sama sekali tidak pernah melakukan verifikasi dan pengesahan pemain,” beber La Nyalla.

“Dari sini dapat disimpulkan, bahwa dengan tidak dilakukannya sejumlah tahapan yang diatur dalam PO tersebut di atas, otomastis para pemain yang akan turun dalam Kompetisi 2011/2012 nanti adalah pemain yang not verryfied dan illegal.”

PO PSSI No.3/2009
Tentang Pemain: Status, Alih Status dan Perpindahan

Pasal 5
Legalitas Pemain
Ayat 1 : Legalitas status Pemain *ditetapkan dan disahkan  oleh Komite Eksekutif PSSI cq. Direktorat Status dan Alih Status Pemain, di bawah pengawasan Komite Status dan Alih Status PSSI.

Ayat 2: Penetapan dan pengesahan Pemain oleh Direktorat Status dan Alih StatusPemain setelah Badan Liga Indonesia (BLI) atau pelaksana teknis yang ditunjuk, melakukan Verifikasi Fakta Aktual tentang jejak prestasi (track record) Pemain dan tingkatan/ strata Klub asal Pemain.

Ayat 3: Setiap Pemain yang bermain pada kompetisi yang diselenggarakan oleh PSSI, maka Pemain yang bersangkutan diharuskan terlebih dahulu memperoleh pengesahan, yang meliputi Pengesahan Status Pemain dan Pengesahan Syarat Administratif Pemain.

Ayat 4: Pemain yang berhak bermain mengikuti Kompetisi Liga Super atau Divisi Utama ditetapkan oleh BLI setelah memenuhi Verifikasi dan pengesahan Syarat Administrasi Pemain.

Sumber : Vivanews

Categories: Nasional
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: